Halaman

    Social Items

5 Point Penting Sebelum Terjun Ke Bisnis Online

Bisnis online tanpa modal

Anda ingin terjun ke dalam bisnis online? Kalau begitu Anda telah membaca artikel yang tepat.
Sebelum memutuskan untuk berbisnis online, kamu juga harus memerhatikan beberapa Point penting agar usahamu bisa berjalan lancar. Yuk, simak beberapa hal yang harus kamu terapkan sebelum terjun dalam dunia bisnis.

Ok, ada pertanyaan untuk Anda sebelum masuk pada pembahasan. Apakah Anda sudah memiliki gambaran kira-kira jika mau memulai bisnis online, apa yang terlintas dalam pikiran Anda terlebih dahulu?

Mungkin kebanyakan dari Anda akan muncul kalimat seperti ini, “Bisnis apa ya yang cocok untuk saya?” atau “Produk apa ya yang laku untuk dijual?”
Jika itu yang terlintas di pikiran Anda pertama kali, berarti Anda memang siap untuk memulai bisnis online. Dan beruntungnya, 2 hal ini termasuk dalam 5 point penting untuk memulai bisnis online!
Ok, Mari kita mulai.

1. IDE BISNIS

Ide untuk bisnis itu bisa datang dari mana saja. Ada yang muncul secara spontan, entah dalam kondisi dan situasi seperti apa, ada juga yang muncul setelah Anda mencari tahu atau membaca sumber dari media.
Jika Anda ingin menjalankan bisnis online yang telah ada, Anda perlu tahu dan mempertimbangkan jenis bisnis online seperti :
Website
Toko online atau marketplace
Blog
Social media
Buat list khusus untuk ide yang muncul, tuangkan ke dalam bentuk tulisan atau gambar sehingga Anda tidak melupakannya.

2. PRODUK

Produk menjadi point penting berikutnya. Jika Anda sudah memiliki ide bisnis, sudah pasti Anda harus tahu dan menentukan produk seperti apa yang akan dipasarkan serta dijual ke masyarakat.
jika berniat menjadi reseller, kamu tentu membutuhkan mitra bisnis. Tempat penyimpanan barang juga harus diperhatikan agar kamu tidak kewalahan menampung banyaknya produk di tempat tinggalmu. Jangan lupa lihat prospek produk ke depan. Bisa saja produk yang akan kamu jual hanya akan laris dalam kurun waktu singkat karena sedang booming. Usahakan memilih produk yang memiliki masa panjang. Banyak pemain dalam bisnis online membuatmu memutar otak lebih untuk menghadapi persaingan. Pastikan produk yang kamu punya ekslusif dan unik agar bisa menjadi pembeda di pasar.

3. STRATEGI

Apa jadinya sebuah bisnis tanpa ada strategi?
Pastinya bisnis Anda menjadi berantakan. Tujuan dari strategi selain untuk mengarahkan bisnis agar tetap pada track, minimal Anda sudah menyiapkan plan for the worst, hope for the best, bersiap menghadapi kondisi terburuk dan berharap yang terbaik.

Dalam bisnis online, terdapat 2 strategi untuk mempromosikan produk yang Anda jual dari yang gratis sampai berbayar.

Untuk memudahkan calon pelanggan memilih produk, kamu juga harus memiliki website yang akan dijadikan sebagai toko untuk memajang dan menjual berbagai produk yang dijual. Untuk menarik perhatian, pastikan website yang kamu punya terlihat cantik di mata konsumen. Kamu bisa menggunakan jasa desainer website yang ada untuk mempercantik tampilan websitemu.

4. PILIH NAMA YANG TEPAT

Ungkapan nama adalah doa sepertinya juga harus diterapkan dalam memilih penamaan toko online. Dengan nama yang tepat juga akan mempengaruhi kesuksekan bisnismu.
Jangan memilih nama yang susah untuk diingat, atau juga memilih nama yang pasaran, karena dengan nama pasaran akan menyulitkan pelanggan untuk menemukan produkmu. Semakin banyak saingannya.

Cukup beri nama yang familiar dan memiliki keterkaitan dengan produk yang kamu jual agar pelanggan mudah mengingat tokomu.

5. MEMPROMOSIKAN PRODUK KE MEDIA BERBAGAI MEDIA SOSIAL

Jika seluruh aspek dalam mengembangkan bisnismu sudah terpenuhi, hal selanjutnya yaitu memperkenalkan produk ke masyarakan luas dan umum. Lewat promosi yang maksimal akan membuat bisnismu cepat dikenal.

Bagikan / Promosikan produk anda ke berbagai media sosial yang anda miliki. Semakin banyak media sosial yang kamu miliki maka akan lebih cepat terkenal ke masyarakat umum.
Dengan promosi yang tepat, pasti dapat mendongkrak angka penjualan dengan cepat.

5 kriteria di atas bisa menjadi faktor pendukung yang dibutuhkan untuk melengkapi niat yang kamu miliki. Dan terus berusaha semaksimal mungkin dan jangan lupa untuk berdoa agar bisnis yang kamu jalankan bisa lancar, Aamiin.

Setelah mengetahui beberapa langkah yang perlu diperhatikan sebelum berbisnis online, apakah kamu sudah memenuhi semua kriteria tersebut?


No comments