Halaman

    Social Items

Macam-macam teknik dasar sepak bola - enhaweb

teknik dasar sepak bola

Sepak bola adalah jenis olahraga tim yang tak hanya mengandalkan fisik yang kuat dan cepat. Kemampuan dan strategi juga menjadi bagian dalam olahraga ini dan bagi orang-orang yang bermain sepak bola, tentu teknik dasar dari permainan sepak bola itu sendiri perlu untuk dikuasai dengan baik.
Ada 7 teknik dasar bermain sepak bola yang sudah ditetapkan oleh FIFA. Masing-masing teknik dasar ini di lakukan dengan cara dan tujuan yang berbeda.
Berikut adalah 7 teknik dasar sepak bola:

1. MENENDANG

Menendang bola menjadi aktivitas yang sudah wajar dilakukan dalam permainan sepak bola. Dari awal pertandingan sampai permainan selesai, yang di lakukan para pemain di lapangan adalah menendang bola. Di mana menendang bola adalah usaha untuk memasukan bola ke dalam gawang lawan untuk menghasilkan sebuah. Tujuan utama menendang bola adalah untuk mengumpan dan menembak kea rah gawang. Ada 3 cara menendang bola, yaitu:

a. Menendang Dengan Kaki Bagian Luar
b. Menendang dengan punggung kaki
c. Menendang dengan kaki bagian dalam

2. MENGHENTIKAN BOLA

Tujuan dari menghentikan bola ini adalah untuk mengatur tempo dalam permainan bola, untuk mengalihkan laju permainan serta mempermudah dalam melakukan passing.

3. MENGGIRING BOLA

Menggiring bola yaitu membawa bola dengan menggunakan kaki. dengan tujuan untuk menerobos pertahanan lawan, dan menghambat permainan.

Dan yang harus kalian lakukan adalah selalu melindungi bola agar tidak terlalu jauh atau melebihi setengah jarak dengan kalian, agar tidak direbut oleh lawan.

4. MENYUNDUL BOLA

Menyundul bola biasanya dilakukan untuk mengoper, mencetak gol, mematahkan serangan lawan, atau membuang bola.

Hal ini dapat dilatih dengan melemparkan bola kemudian diterima dengan kepala tepat di dahi, bukan dengan ubun-ubun kepala.

5. MEREBUT BOLA

Merebut bola biasanya dilakukan dengan teman satu tim. Seorang pemain bola juga harus pintar membaca gerakan lawan dan membaca gerakan bola dari pada menghadang fisik lawan main.

6. MENGUMPAN BOLA

Mengumpan bola adalah teknik mengoper bola ke anggota tim lain.  Dalam teknik mengumpan bola ada dua jenis mengumpan yaitu jarak pendek dan jarak jauh.

Mengumpan bola dengan kaki bagian dalam dimanfaatkan untuk mengumpan bola jarak pendek antara pemain dalam satu ti,.

7. LEMPARAN KE DALAM

Lemparan ke dalam terjadi apabila bola keluar dari garis pembatas lapangan yang berada di sisi kiri dan kanan lapangan, dan jika bola sudah di lempar ke dalam lapangan, permainan dapat berlangsung kembali.

Dalam teknik melakukan lemparan ke dalam terdapat 3 pilihan yaitu kedua kaki sejaajr rapat, salah satu kaki di depan atau di belakang, dan kedua kaki dibuka lebar.

Itulah macam-macam teknik dasar permainan sepak bola yang harus diketahui bagi seorang pesepak bola.
Ayo share ke teman-teman kalian..!!

No comments