Halaman

    Social Items

Penyebab Baterai Hp Boros dan Solusinya - enhaweb

Teknologi, Digital, Online, Tangan 
 
Apakah Anda mempunyai perangkat seluler atau android? Jika iya, Pernahkah Anda merasa bahwa baterai pada perangkat anda cepat habis? Dan sering melakukan recharge?
Sebenarnya, baterai dari perangkat Anda bisa saja di hemat, apabila Anda mengerti sebab dari borosnya baterai tersebut.

Dari beberapa masalah penimbul baterai lebih cepat habis atau boros, juga terdapat beberapa penyebab kritisnya, Namun kita telah merangkum itu semua.
Dengan tujuan untuk mengetahui masalah-masalahnya, sekaligus memberikan solusi yang bisa diterapkan untuk mengatasi borosnya baterai perangkat Anda.

Berikut Rangkumannya :

1. Aktifitas layar dan kecerahan

Salah satu hal Yang berpengaruh cukup vital adalah kecerahan dari layar perangkat milik Anda. Untuk membuktikan hal itu, Anda dapat melihat pada statisik details Baterai pada menu Settings atau pengaturan, maka disitu akan ada berapa persen penggunaan dari daya aktifitas layar Dan kecerahan akan terlihat.

Berkaitan dengan itu, aktifitas layar Adalah kecerahan dan screen timeout.
Meskipun kecerahan sebenarnya merupakan bagian Yang mungkin berbeda dalam perangkat Android.

Namun, Jika Anda tidak melakukan pengaturan dengan baik, maka otomatis perangkat Android Anda akan sering mengalami baterai boros ketika perangkat Anda digunakan. Bukankah hal ini sangat mengganggu aktivitas kita??

2. Google service

Google service Merupakan aplikasi yang berfungsi untuk melakukan controling terhadap Perangkat Android milik Anda, Dan Bukan hanya sebagai pengisi dari Google Play Store saja.

Dan Aplikasi ini mempunyai beberapa service atau layanan lain, yang salin terhubung satu sama lain. Diantaranya adalah:

a. Google Account Manager

Google Account Manager adalah layanan dari Google untuk melakukan sinkronisasi data dari akun milik Anda pada server.

Sehingga, ketika ketika kita menerima notifikasi baik dari email maupun dari notifikasi Yang lain, maka otomatis notifikasi itu akan terkirim ke perangkat kita dengan melalui jaringan internet.

b. Google Play Services

Google Play Service adalah layanan atai service yang menyediakan semua aplikasi yang Anda gunakan di perangkat, tidak hanya itu saja, Google Play Services juga menggunakan lokasi Anda untuk menentukan kecocokan aplikasi sesuai dengan negara Anda.

c. Google Service Framework

Google Service Framework Bertanggung jawab atas segala aktifitas komunikasi Anda ketika anda menggunakan perangkat Android, termasuk Salah satunya adalah aplikasi Hangouts dalam mode messaging.

d. Network location

Network Location adalah alat intuk mendeteksi lokasi ketika Anda mengaktifkan fitur GPS (Global positioning System) pada perangkat anda.

e. Google Contacts Sync

Google Contact Sync ini berfungsi untuk melakukan sinkronisasi antara kontak pada perangkat dengan kontak yang ada pada akun google Anda (kontak email).

3. Wi-Fi dan Bluetooth

Seperti yang sudah kita ketahui, kedua layanan tersebut digunakan untuk melakukan hubungan Antara satu perangkat ke perangkat yang lain, ataupun digunakan untuk koneksi internet.

Ketika layanan ini tidak kita matikan ketika sedang tidak di gunakan, secara otomatis kedua layanan tersebut akan terus mencari jalur akses, sehingga akan terus berjalan pada system android, meskipun tidak tampak pada layar perangkat Anda.

4. Sinyal

Sinyal dapat diartikan sebagai gelombang elektrik yang disalurkan kepada satu perangkat ke perangkat lain untuk menerima ataupun juga melakukan transfer. Secara umum pada perangkat Android terdapat beberapa macam sinyal, Antara lain :

a. GPRS (General packet radio service)

GPRS merupakan gelombang radio yang mampu melakukan transfer dengan kecepatan rendah yaitu 60 – 80 kbps atau sekitar 7.5 – 10 kBps. Pada perangkat Android sinyal ini biasanya ditandai dengan huruf G di atas bar sinyal.

b. Edge (enhance data rates for global information)

EDGE merupakan pengembangan selanjutnya dari gelombang Yang sebelumnya yaitu GPRS. Ketika Anda memilih menggunakan sinyal ini, kecepatan yang bisa Anda dapatkan sekitar 236 kbps atau sekitar 29.5 kBps. Dan gelombang ini Ditandai dengan huruf E pada perangkat Android Anda Yang berada di atas bar sinyal tentunya.

c. 3G (third generation technology)

3G merupakan sinyal yang memiliki kapasaitas transfer lebih besar daripada gelombang seri sebelumnya, yaitu anda bisa mendapatkan hingga sekitar 2 Mbps atau 250 KBps. Sinyal ini biasanya berada di kota besar di indonesia namun sekarang di desa pun sudah bisa, ditandai dengan karakter 3G pada perangkat Android Anda.

d. HSPA (high speed packet access)

ketika Anda menggunakan signal Yang ini pada perangkat Android, Anda bisa mendapatkan kecepatan hampir mencapai 11 Mbps akan Anda dapatkan. Pengguna sinyal ini biasa akan menemukan tanda huruf H pada perangkat Androidnya.

Dan Pengetahuan tersebut akan membantu Anda dalam menentukan sinyal yang akan Anda gunakan pada perangkat Android Anda. Semakin cepat sinyal yang anda gunakan, ya maka otomatis resource dari baterai pun juga akan semakin banyak digunakan. Dan Sebenarnya juga sudah ada sinyal Yang terbaru saat ini yaitu LTE atau 4G, namun hal tersebut juga akan berbanding lurus sesuai dengan kemampuan atau kapasitas dari baterainya sendiri.

5. Buat baterai Anda lebih awet

Setelah Anda mengetahui beberapa hal di atas, yang menjadikan baterai Anda lebih cepat habis, mungkin beberapa langkah sederhana tersebut bisa membantu mengurangi borosnya baterai pada perangkat Android Anda.

Semoga artikel ini dapat membantu kalian.
Jangan lupa Share!!

2 comments: